Tugas Informatika kelas 8 semester 1 bab 2

Hal 32
1. Jabarkan fungsi dari // (komentar satu baris)! 
Kadang diperlukan untuk memberi catatan pada diri sendiri apa arti dari kode-kode yang dituliskan. Cukup menuliskan dua buah garis miring dan apapun yang kita ketikkan dibelakangnya akan diabaikan oleh program. 

2. Sebutkan elemen dasar pengaturan yang sering digunakan! 
1) Elemen for 
Digunakan bila melakukan pengembalian kode di dalam kurung kurawal beberapa kali, misalnya mengganti #pengembalian dengan jumlah pengembalian yang diinginkan. Melakukan penghitungan ke atas dengan i++ atau ke bawah dengan i–. Penggunaan format for adalah : for (int i = 0; i < #pengembalian; i++) { } 
2) Elemen IF ....ELSE 
Dengan struktur IF ....ELSE, maka program akan menjalankan kode yang ada di dalam kurung kurawal jika kondisinya TRUE, dan jika tidak (FALSE) maka akan diperiksa apakah kondisi pada else if dan jika kondisinya FALSE maka kode pada else yang akan dijalankan

3. Uraikan yang kalian ketahui tentang notasi algoritma! 
a. Notasi alami 
 Penulisan algoritma dengan notasi alami adalah dengan cara menuliskan instruksiinstuksi yang harus dilaksanakan untuk memecahkan masalah dalam bentuk untaian kalimat deskriptif. Proses diawali dengan kata kerja seperti ‘baca’, ‘hitung’, ‘bagi’, ‘ganti’, dan sebagainya, sedangkan pernyataan kondisional dinyatakan dengan ‘jika…maka…’. Dengan notasi bergaya kalimat ini, deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa gamblang.
b. Flowchart (diagram alir) 
Flowchart sebagai gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program untuk menyatakan arah alur program tersebut. 
 c. Pseudocode  
Keuntungan menggunakan notasi pseudocode adalah kemudahan mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespodensi antara setiap pseudocode dengan notasi bahasa pemrograman. Maka dari itu, pseudocode cocok untuk algoritma yang rumit.

4. Terangkan hubungan antara programmer dengan berbagai situasi dalam pemrograman! 
Hubungannya sangat penting karena hub suatu program dengan bahasa pemrograman saling melengkapi tanpa adanya bahasa pemrograman manusia sulit untuk mengetahui program /pemrograman apa yang ada dan yang terjadi dalam komputer, karena komputer menggunakan bahasa mesin yang hanya mengenak kode 0 dan 1 atau angka biner . dan program digunakan untuk mengatur komp agar melakukan sesuatu tanpa ada program,bahasa pemrograman,pemrograman komputer  tidak dapat menjalankan,membaca apapun di dalamnya

5. Jelaskan tentang karakteristik dari pseudocode! 
 Pseudo-code sendiri identik dengan notasi yang menyerupai notasi bahasa pemrograman tingkat tinggi, terutama pada bahasa C dan Pascal. Bahasa pemrograman umumnya memiliki notasi yang hampir mirip untuk beberapa instruksi seperti notasi if-then-else, while-do, repeat-until, read, write, dan sebagainya. Namun tidak seperti bahasa pemrograman yang direpotkan dengan tanda titik koma, indeks, format keluaran, kata-kata khusus, dan sebagainya, sembarang versi pseudocode dapat diterima asalkan perintahnya tidak membingungkan pembaca. 


Hal 36-37
1. Jelaskan syarat-syarat yang digunakan pada variabel lokal! 
a) Berlaku aturan umum dalam pembuatan variabel. 
b) Harus dilakukan inisialisasi (pemberian nilai variabel). 
c) Pendeklarasian variabel dilakukan di dalam fungsi. 

2. Jabarkan yang dimaksud derajat kebebasan (Degree of Freedom)! 
DOF adalah sambungan pada lengan agar dapat dibengkokkan, diputar, maupun digeser. 

3. Jelaskan perbedaan tipe data int dengan unsigned int! 
Data int
Tipe data int 32-bit dapat menyimpan nilai integer dalam kisaran −2.147.483.648 hingga 2.147.483.647.
Unsigned int
Tipe data int 32-bit dapat menyimpan nilai integer dalam kisaran −2.147.483.648 hingga 2.147.483.647.

4. Terangkan tentang operator ^ (bitwise xor) yang benar! 
Operator Bitwise Exclusive OR dilambangkan dengan menggunakan simbol "^", Operator ini digunakan untuk melakukan operasi Exclusive OR (XOR). Adapun hasil dari operasi ini akan bernilai 1 (benar) jika salah satu operand nya (bukan keduanya) bernilai benar, selain itu akan menghasilkan nilai 0 (salah).

5. Sebutkan 3 (tiga) unsur atau elemen robotika! 
a) Pergerakan/mekanisme (mechanical) 
b) Tingkah laku (behavior) 
c) Otomatisasi/controlling (programming) 

PH bab 2
1. D
2. B
3. A
4. D
5. D
6. D
7. A
8. A
9. A
10. A
11. D
12. A
13. B
14. C
15. A
16. A
17. A
18. A
19. C
20. D

B. 
1. Sebutkan komponen utama dari motor servo! 
rangkaian kontrol, motor servo, poros, potensiometer, roda gigi penggerak, penguat dan salah satu penyandi atau penyelesai.

2. Tuliskan tentang kelebihan dari aktuator listrik! 
Keunggulan aktuator elektrik adalah sebagai berikut:
  1. Mudah dalam pengontrolan
  2. Mulai dari mW sampai MW.
  3. Berkecepatan tinggi, 1000 – 10.000 rpm.
  4. Banyak macamnya.
  5. Akurasi tinggi
  6. Torsi ideal untuk pergerakan.
  7. Efisiensi tinggi

3. Jelaskan yang kalian ketahui tentang variabel lokal! 
Variabel lokal adalah variabel yang hanya dapat digunakan atau dipanggil dalam satu prosedur saja. 

4. Jelaskan tentang definisi algoritma secara umum!
algoritma secara umum identik dengan urutan langkah-langkah logis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Adapun langkah-langkah di dalam algoritma harus logis yang berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan benar atau salah. 

5. Terangkan yang kalian ketahui tentang fungsi void loop( ) { }! 
Fungsi ini akan dijalankan setelah setup (fungsi void setup) selesai. Setelah dijalankan satu kali fungsi ini akan dijalankan lagi, dan lagi secara terus menerus sampai catu daya (power) dilepaskan. 

6. Jelaskan yang dimaksud dengan fungsi void setup( ) { }! 
Semua kode di dalam kurung kurawal akan dijalankan hanya satu kali ketika program Arduino dijalankan untuk pertama kalinya.

7. Bagaimanakah fungsi dari shiftIn()? 
fungsi shifting key untuk meneruskan gaya tekan dari hub sleeve yg selanjutnya diteruskan ke synchronizer ring agar terjadi pengereman pada bagian yg tirus gigi percepatan

8. Bagaimanakah prosedur untuk membuat sebuah lengan robot yang bisa meniru kinerja dari tangan manusia? 
Robot lengan dapat dikontrol menggunakan sensor dan aktuator. Robot lengan menggunakan 5 buah servo mini yang disusun rapi sehingga tiap servo mewakili gerakan berbeda, misalnya servo satu untuk bergerak kanan dan kiri, servo dua untuk gerakan atas dan bawah, serta servo ketiga untuk japit dan buka. 
a) Bagian dasar robot lengan Robot lengan terdiri dari tiga bagian yaitu struktur mekanik (manipulator), penggerak dan sistem kontrol. Manipulator adalah susunan rigid bodies (bendabenda kaku) dan link (lengan) yang satu sama lain terhubung oleh joint (sendi). Pangkal lengan dipasang pada kerangka dasar. Sementara endeffector (ujung lengan) dihubungkan dengan alat tertentu sesuai dengan fungsi robot lengan. 
b) Derajat kebebasan (Degree of Freedom/DOF) DOF adalah sambungan pada lengan agar dapat dibengkokkan, diputar, maupun digeser. Derajat kebebasan digunakan untuk mengetahui cara robot bergerak, tingkat kerumitan algoritma terdapat pada kendali dan jumlah motor lengan robot yang digunakan. Penentuan jumlah DOF dilakukan berdasarkan jumlah gerakan yang dapat dilakukan oleh atau jumlah aktuator lengan robot. 

9. Tuliskan hubungan antara mikrokontroler dengan board Arduino Uno! 
Arduino Uno berupa board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet), memiliki 14 pin input dari output digital di mana 6 pin input dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset.

10. Jabarkan hubungan antara tipe data static dengan prosedur membuat variabel! 
Pada Arduino, tipe data static digunakan dalam membuat variabel yang hanya bisa diakses di dalam fungsi itu saja (seperti variabel lokal). Tetapi tidak seperti variabel lokal data yang dibuat dan disimpan akan hilang ketika fungsi itu dipanggil, tipe data static menyimpan data hasil pemanggilan fungsi sebelumnya. Tipe data static hanya bisa dideklarasikan di awal fungsi. 

Buka Juga Disini OPEN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Informatika kelas 8 semester 3 bab 1

Tugas Prakarya kelas 8 semester 1 bab 4